Breaking News

Happy Eid Mubarak, Rayakan Hari Kemenangan

 


Oleh : Iswahyuni*)


        Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Setelah kita melaksanakan ibadah selama satu bulan penuh di Bulan Ramadhan, saatnya kini kita meraih kemenangan dengan mengucapkan syukur ke hadirat Allah SWT, dan menyambung silaturahmi dengan sanak keluarga dan kerabat. Betapa bahagianya merayakan hari yang fitri bersama dengan keluarga.
        Bulan Ramadhan memang telah berlalu. Namun, suasana dan semangat beribadah harus tetap kita jaga, hingga nanti kita bertemu kembali dengan bulan Ramadhan tahun berikutnya. Dalam ulasan ini, kita akan merangkum kembali serba-serbi bulan  Ramadhan di UPT SD Negeri 97 Gresik. 
        Pembiasaan berdoa dan melafalkan asmaul husnah setiap pagi tetap dilaksanakan di bulan yang Ramadhan. Kegiatan ini menjadi pembuka kegiatan pembelajaran, agar kita semua selalu diberikan kemudahan dan keberkahan oleh Allah SWT dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah. Kebiasaan baik ini dilanjutkan dengan sholat Dhuha secara berjamaah, bergiliran antara kelas bawah (I-III) dan kelas atas (IV-VI). Kegiatan sholat Dhuha berjamaah bertujuan untuk memupuk keimanan dan ketakwaan semua warga sekolah.
        Selain itu, kegiatan rutin istighosah setiap hari Jumat akhir bulan juga tetap dilaksnaakan. Yang istimewa, pada kegiatan istighosah kali ini juga diikuti oleh Ibu-Ibu Paguyuban Walumurid kelas I-VI.


        Semangat beribadah di bulan yang penuh rahmat tidak berhenti hanya pada kegiatan keagamaan saja, melainkan juga pada pembiasaan literasi sekolah, yaitu membaca buku sebelum memulai pelajaran dan pada jam-jam istirahat. Karena dengan membaca buku, maka kita akan membuka wawasan kita tentang berbagai hal di belahan dunia, serta  menjadikan kita murid yang informatif dan bernalar kritis. 
        Kegiatan pembelajaran juga berlangsung dengan semangat dan interaktif. Meskipun pada bulan Ramadhan terdapat pemangkasan jam belajar, namun tidak menyurutkan murid-murid di UPT SD Negeri 97 Gresik untuk belajar dengan gembira dan antusias, baik belajar di dalam maupun di luar ruangan. Puasa, bukan halangan untuk meraih cita-cita!

        Selama bulan Ramadhan, ada kegiatan baru yang dilakukan murid-murid, terutama murid kelas IV, yaitu menjadi Tim Mading Sekolah. Setelah melalui proses diskusi dan curah pendapat antara kepala sekolah, guru, dan murid, disepakati bahwa sekolah kita akan membuat Mading Sekolah. Sebagai pelaksana awal, yaitu murid-murid kelas IV, yang nantinya akan meluas kepada murid di kelas lainnya.  Tim Mading Sekolah bertugas untuk merencanakan, menyusun, dan menerbitkan mading sekolah sesuai dengan tema yang disepakati. Sebagai tampilan perdana, Tim Mading Sekolah meluncurkan karya dengan tema "Marhaban Yaa Ramadhan".

        Puncak kegiatan pembelajaran di UPT SD negeri 97 Gresik selama bulan Ramadhan ini adalah kegiatan Pesantren Ramadhan yang dilaksanakan pada tanggal 17-18 April 2023. Kegiatan tersebut meliputi Kajian Islami, Tadarus Al Qur'an, Pengumpulan dan Pembagian Zakat Fitrah, Pembagian Santunan bagi Anak Yatim/ Piatu, serta Buka Bersama dengan Komite dan Paguyuban Walimurid. Rangkaian kegiatan berlangsung secara sederhana, namun tidak mengurangi makna dan kekhusyukan dalam menunaikan ibadah. Pada kegiatan Buka Bersama, acara dibuka oleh Citra Hapsari Aulia sebagai pembawa acara, dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh May Caesar Ayu Ramadani. Kemudian, setelah sambutan pembukaan oleh Kepala Sekolah, acara diisi dengan Pildacil oleh Latisya Maryam Zalva Nayla yang memberikan tausiyah berupa Hikmah Ramadhan. Tak lupa, dalam kegiatan ini juga ditutup dengan acara hiburan tari Islami Barokallah yang dibawakan oleh Rhedita, Indi, Viona, Nabila, dan Xena Mutiara Bahrel. 
 
 





       Demikian serba-serbi Ramadhan yang dilaksanakan di UPT SD Negeri 97 Gresik. Semoga kegiatan pada bulan Ramadhan di tahun ini membawa berkah dan manfaat bagi kita semua, dan kegiatan bulan Ramadhan berikutnya dapat berlangsung semakin baik lagi. Dan, amalan kita selama bulan Ramadhan lalu menjadikan kita pribadi yang semakin bertakwa kepada Allah SWT.  


*) Penulis adalah Guru di UPT SD Negeri 97 Gresik

Tidak ada komentar

Happy Eid Mubarak, Rayakan Hari Kemenangan

  Oleh : Iswahyuni*)           Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Setelah kita melaksanakan ibadah selama satu bulan penuh di Bulan Ramadh...